Rabu, 18 Juni 2008

AP TIBAWA EKSPANSI LAHAN PENDUDUK

David: Himbau Masyarakat Untuk Kelola Lahan Tidur

Sebagai salah satu badan usaha yang memiliki fungsi sebagai penggerak ekonomi pertanian di kabupaten Gorontalo, PT. Agro Potombulu Kecamatan Tibawa (15/06), melakukan ekspansi atas lahan masyarakat dengan melibatkan kerja sama pengusaha lokal dalam mendukung proses produksi.

Rencananya pada areal milik masyarakat seluas 5 hektar tersebut Agro Potombulu Tibawa akan melakukan penanaman bibit jagung dengan sistem pengelolaan mekanisasi, mengingat sitem model ini merupakan sistem pengolahan lahan yang murah dan juga dapat memberi hasil panen yang baik.

Bupati Gorontalo usai melakukan peninjauan dilahan tidur tersebut dalam sambutannya menyampaikan, “Pasca penanaman diareal 5 hektar ini tentunya akan meningkatkan produksi jagung di Kabupaten Gorontalo, serta melihat masih banyaknya lahan yang belum termanfaatkan, saya minta pihak PT. Agro Potombulu untuk melakukan pendataan dan untuk selanjutnya direncanakan pengelolaanya, baik itu dalam bentuk kerja sama dengan pemerintah daerah maupun dengan melibatkan pengusaha”, tukas David.

Kepada masyarakat tani setempat Bupati David berharap agar banyaknya lahan yang tidak terkelola, terhampar disekitar areal tersebut agar dapat dimanfaatkan. “Agar dapat menyeimbangkan pemenuhan kebutuhan masyarakat, seyogyanya seluruh lahan yang belum tersentuh dapat dimanfaatkan untuk produk jagung atau tanaman sela lainnya”, ujar David yang ketika itu menghimbau dinas-dinas terkait untuk melakukan upaya pendukung berlangsungnya proses produksi pertanian (seperti fasilitas pengairan) disekitar areal tersebut.

Sementara itu, untuk menjawab krisis pangan sedunia, diharapkan pula upaya PT. Agro Potombulu Kecamatan Tibawa dapat dicontohi masyarakat. “Sebaiknya masyarakat mampu mencontohi upaya-upaya Agro Potombulu, mari kita kelola lahan yang tersedia dalam rangka memenuhi kebutuhan ekonomi secara bersama”, ujar David.

Tidak ada komentar: