Senin, 14 Juli 2008

DAVID : Guru harus bisa Memahami psikologi Anak


Disadari memang tugas menjadi seorang guru itu tidaklah mudah karena berkaitan langsung dengan masa depan generasi bangsa, dimana baik buruknya masa depan bangsa tergantung pada bagaimana seorang guru mendidik menggembleng dan mengarahkan sang anak. Hal ini dismapaikan Bupati David Bobhoe Akib dalam acara pelatihan instruktur TPQ dan Guru Agama Se-Kecamatan Limboto yang bertempat di taman pengajian AL-Waliyah Jum’at 11/7, dimana kegiatan ini menurut David harus direspon oleh semua pihak yang perduli terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia.

Selanjutnya David mengatakan bahwa di zaman yang sudah semakin maju dimana akses informasi yang begitu cepat bisa didapatkan, seorang anak perlu lebih mendapatkan pengawasan yang ketat baik oleh orang tua maupun para guru karena seorang anak itu sangat mudah menagkap dan menirukan berbagai informasi yang dilihat dari media-media terutama Televisi yang banyak menyiarkan sinetron-sinetron oleh karenay pengawasan ini penting untuk memantau pola tingkah laku anak.

Dalam mendidik anak seorang guru seyogyanya jangan memaksakan anak mengikuti pola guru tapi sebaliknya gurulah yang harus mengikuti dan memahami karakter anak, sehingganya guru harus memiliki dan mendalami psikologi anak agar tahu bagaimana karakter anak yang sesungguhnya. Bangun persepsi yang sama dalam menyusun metode pembelajaran dengan hal-hal yang bisa membuat anak tertarik dan terpikat. Ujar David.

Ditambahkan pula setiap tahunnya pemkab harus membayar kurang lebih 480 juta kepada kurang lebih 400 guru guru TPA maupun TPQ, sehingga ada orang yang mengatakan kenapa tidak digunakan untuk perbaikan infra srtuktur seperti perbaikan jalan, saya hanya menjawab kalau untuk perbaikan jalan mungkin hanya bisa bertahan satu sampai dua tahun tapi kalau untuk peningkatan SDM maka sampai kapanpun kalau diamalkn tidak akan pernah hilang tutur David. Olehnya investasi dibidang SDM ini tidak hanya berkutat pada pengetahuan duniawi saja akan tetapi harus dibarengi dengan pengetahuan-pengetahuan keagamaan dan hal ini harus dimulai sejak dini kepada sang anak, oleh karenya pemkab sangat merespon dan kedepan akan berupaya untuk lebih memberikan perhatian yang besar kepada guru-guru ngaji tersebut. Tandas David

Tidak ada komentar: