Senin, 14 Juli 2008

Tertarik Program BUMDes Agro Potombulu


Bangka Barat Stuban Ke Kabupaten Gorontalo

Kebijakan pemerintah kabupaten Gorontalo dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, diantaranya menjadikan Agro Potombulu sebagai soko guru perekonomian rakyat menarik perhatian berbagai daerah. Kabupaten Bangka Barat, salah satu dari sekian daerah yang tertarik ingin melihat langsung pelaksanaan program Agro Potombulu (11/07), disambut Bupati Gorontalo David Bobihoe di ruang kerjanya di Kantor Bupati Government Mobile Kecamatan Limboto. Dalam kesempatan itu, Bupati David, dihadapan Sekda, Kadis Sosial dan Kabag Pemerintahan Kabupaten Bangka Barat menyampaikan, BUMDes Agro Potombulu didirikan pemerintah kabupaten Gorontalo bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan harga produksi pertanian masyarakat.

Disampaikan, berdirinya Agro Potombulu di kabupaten Gorontalo telah berhasil memberikan pencerahan atas harga produksi pangan. Melalui badan usaha milik desa yang memberdayakan masyarakat dimasing-masing desa tersebut, harga produksi pertanian senantiasa di umumkan melalui radio tani milik daerah. Sehingga dalam waktu singkat pemerintah kabupaten Gorontalo telah berhasil mengikis praktek ijon yang senantiasa menjadikan menurunnya penghasilan petani.

Selain itu, dijelaskan, melalui Agro Potombulu, pemkab Gorontalo juga melakukan kebijakan-kebijakan untuk mengangkat nilai produksi, seperti melakukan pembinaan kelompok tani dengan membentuk Gapoktan, pembebasan lahan petani yang telah sekian lama tergadai yang dalam waktu tertentu dikelola pemilik dan Agro Potombulu yang dalam waktu yang telah ditentukan akan kembali menjadi milik petani penggadai, serta upaya lainnya. Bahkan mulai bulan April, Agro Potombulu kembali menyalurkan bantuan khusus untuk pengembangan usaha para kaum wanita melalui Bank Desa Agro Potombulu.

Selain pendirian PT. Agro Potombulu, kepada tim stuban Bangka Barat, David pun menyampaikan kebijakan-kebijakan lain yang telah dilakukan pemerintah kabupaten Gorontalo. Diantaranya, penyaluran bantuan yang memiliki sasaran untuk meningkatkan usaha masyarakat kecil melalui dana ADD, pengadaan tanah bengkok, penguatan modal kelompok usaha kecil dan lainnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Bangka Barat kepada Bupati Gorontalo menyampaikan, tertariknya pemerintah Bangka Barat dengan kebijakan program di kabupaten Gorontalo dilandasi dengan pemikiran tentang kesamaan karakter wilayah yang dimiliki kedua daerah. Atas penjelasan Bupati Gorontalo, Sekretaris daerah Bangka Barat menyampaikan upaya-upaya pemerintah kabupaten Gorontalo sungguh menyentuh masyarakat. Kebijakan-kebijakan ini akan diterapkan di daerahnya.

Usai melakukan tatap muka dengan Bupati Gorontalo, tim stuban Bangka Barat bersama kepala Bappppeda dam kabag Ekonomi setda kabupaten Gorontalo melakukan peninjauan langsung ke beberapa Kantor Agro Potombulu.

Tidak ada komentar: