Jumat, 23 Mei 2008

David Gerah Ulah Aparat Tidak Disiplin





David Gerah Ulah Aparat Tidak Disiplin

Nampaknya, Bupati Gorontalo, David Bobihoe Akib, tak main-main menegakkan disiplin bagi aparatur daerah kabupaten Gorontalo. Hal tersebut terungkap pada apel bersama jajaran Setda dan dinas se-kabupaten Gorontalo, bertepatan dengan pelaksanaan Government Mobile di Kecamatan Tilango.

Menurunnya disiplin aparat khususnya dalam pelaksanaan Goverenment Mobile (GM), dimana substansi dari GM itu sendiri adalah memindahkan pemerintahan di kecamatan, tapi pada kenyataannya banyak aparat termasuk didalamnya kepala-kepala satuan kerja yang seakan tidak peduli terhadap pelaksanaan GM.

Buktinya, menurunnya frekwensi kehadiran di GM, dimana dari pelaksanaan GM pertama hingga GM ke-11 di Kecamatan Tilango yang nota bene dekat dekat dengan ibu kota kabupaten, malah frekwensi kehadiran aparat kian merosot. “Mungkin karena GM dianggap tidak diawasi Bupati sehingga aparat seenaknya untuk datang atau tidak”, tegas David.

David mengungkapkan, pada dasarnya pelaksanaan Government Mobile adalah sebuah program yang amat menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat. Namun disayangkannya hal tersebut tidak mampu direalisasikan satuan-satuan kerja yang ada.

“Bagaimana mungkin kita bisa menjabarkan peningkatan kesejahteraan rakyat jika yang bekerja hanya Bupati dan Wakil Bupati, mengikuti apel pagi saja tidak bisa. Kalau pada pelaksanaan GM sebelumnya berhubung jaraknya jauh dari ibu kota, saya masih toleran. Tapi sekarang ini, pelaksanaan GM pada kecamatan yang dekat dengan ibu kota, toh masih juga terjadi seperti itu. Ini sungguh sudah sangat keterlaluan”, tegas David menghimbau penegakan disiplin agar ditanamkan masing-masing pribadi PNS di Kabupaten Gorontalo.

David pun menyatakan akhir-akhir ini justru masyarakat lebih mengenal jajaran Dharma Wanita dan PKK ketimbang kepala-kepala satuan kerja, bahkan dikatakannya, saat ini banyak laporan yang masuk melalui SMS dari masyarakat yang cenderung bermuatan ketidakpuasan terhadap oknum-oknum PNS yang tidak disiplin. “Saat ini rakyat tahu persis apa saja hal-hal yang sering dilakukan aparat. Tapi karena rakyat sudah memberikan kepercayaan penuh pada pemerintah maka mereka pun masih memberikan kesempatan untuk memperbaiki kesalahan yang kita lakukan”, ujar Bupati David.

“Jika model kita terus seperti ini, sungguh sangat keterlaluan, pada hal segala fasilitas seperti mobil dan kenderaan bermotor sudah kami berikan, semua itu bersumber dari uang rakyat ”, tegas David.

Diakhir penyampaiannya, David menghimbau kesadaran aparat untuk terus menegakkan disiplin, mengabdi kepada nusa dan bangsa dengan ikhlas dan penuh kesadaran tanpa paksaan.

Namun demikian, Bupati David menegaskan, jika masih didapati aparat yang tak mau peduli dengan aturan yang berlaku, maka aparat tersebut akan dikenakan ganjaran. “Selama ini dalam setiap apel saya senantiasa memberikan pencerahan untuk mendorong kearah suasana yang kondusif, namun bila masih ada aparat ditemui tidak mematuhi aturan dan menorehkan citra buruk, merusak nama baik pemerintah, maka yang bersangkutan akan diberi ganjaran sesuai ketentuan yang berlaku”, tegas David gerah.

David Bina Tenaga Magang Kesehatan

Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kesehatan di kabupaten Gorontalo, Bupati Gorontalo, serangkaian pelaksanaan GM di Kecamatan Tilango (23/05) bertempat di Balai Desa Tilote melakukan pembinaan kepada 86 peserta tenaga magang Dinas Kesehatan. Dilakukannya pembinaan tersebut pun sehubungan dengan pembekalan mental petugas magang kesehatan agar dapat melakukan tupoksinya dengan baik dilapangan.

Dijelaskan David, pada dasarnya tujuan otonomi daerah adalah untuk memberikan pelayanan publik demi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Maka sehubungan dengan peningkatan dibidang kesehatan, maka pemerintah berupaya merekrut petugas magang kesehatan untuk memenuhi kekurangan petugas kesehatan di kabupaten Gorontalo.

Disamping itu, dihadapan peserta yang tergabung dalam Rayon I (Petugas Kesehatan di Puskesmas Limboto, Tuladenggi, Mongolato, Tilote dan Telaga Jaya) masih akan mendapatkan job training selama 1 tahun. “Hal ini sebagai uji kompetensi, layak tidaknya petugas magang kesehatan tersebut akan dibutuhkan pemerintah”, jelas David.

Dalam perekrutan tenaga magang kesehatan tahun 2008, pemerintah kabupaten Gorontalo telah menjaring sejumlah 284 petugas kesehatan yang tergabung dalam 6 Rayon yang tersebar di seluruh Puskesmas di Kabupaten Gorontalo.

KUR Manfaatkan Moment GM

Penyaluran kredit pengembangan usaha rakyat yang merupakan upaya pengembangan usaha ekonomi rakyat pedagang kecil melalui beberapa bank nampaknya tak ketinggalan melakukan sosialisasi dalam moment Government Mobile di kabupaten Gorontalo.

Seperti halnya dalam pelaksanaan GM di kecamatan Tilango, Bank Rakyat Indonesia dan BPD Sulut melakukan sosialisasi terkait penyaluran dana KUR (Kredit Usaha Rakyat) dihadapan masyarkat setempat.

Dalam kesempatan itu, BRI Cabang Limboto menyalurkan masing-masing 5 juta kepada 5 nasabah, BRI Cabang Kota Gorontalo berhasil menyalurkan masing-masing 25 juta kepada 8 nasabah dan Bank BPD Limboto menyalurkan masing-masing 10 juta kepada 2 nasabah, di kecamatan Tilango.

Selain acara sosialiasi dan penyaluran KUR, dalam kesempatan itu pemerintah kabupaten Gorontalo menyalurkan minyak kelapa bersubsidi untuk memenuhi kebutuhan minyak goreng kepada masyarakat Tilango.

Dalam penyaluran tersebut, pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp.2.500/liter kepada pembeli yang tercatat sebagai masyarakat miskin.

DAVID DISAMBUT MERIAH DITILANGO

Wujud kecintaan masyarakat kecamatan tilango terhadap sosok Bupati David Bobihoe Akib yang dikenal sangat peduli dan dekat terhadap masyarakat khususnya masyarakat miskin tergambar pada penyambutan masyarakat saat rombobongan Bupati memasuki perbatasan antara kecamatan Telaga dan Tilango sehubungan dengan pelaksanaan Govermen Mobile untuk yang ke 11 kalinya, dimana rombongan Bupati Gorontalo saat memasuki Kecamatan Tilongo tepatnya didesa tenggela dijemput oleh ratusan masyarakat dengan menggunakan kendaraan bermotor, sedangkan Bupati David didaulat masyarakat untuk menggunakan mobil Jeep terbuka yang selanjutnya diiring menuju ibukota kecamatan.

Sepanjang perjalanan yang dilalui Bupati David Bobihoe yang dikawal ratusan kendaraan bermotor mendapat sambutan dari masyarakat yang berdiri dibibir – bibir jalan dan depan rumah masing – masing membuat kecamatan tilango seperti suasana ibukota kabupaten dan sempat memacetkan jalan raya.

Selain itu untuk kelancaran aktivitas pemerintahan yang dipindahkan dikecamatan tilango sekaligus untuk menghindari terjadinya kemacetan lalulintas, sepanjang hari dalam setiap kunjungan Bupati David Bobihoe menghadiri kegiatan yang digelar Satker dan kunjungan – kunjungan kepelosok kecamatan Asparaga untuk memantau aktifitas masyarakat , Bupati David Bobihoe hanya menggunakan kendaraan bermotor roda 2.

Tidak ada komentar: