Selasa, 26 Agustus 2008

Dari Ramah Tamah TOT di Limboto


David: Dunia Pendidikan Perlu Kompetisi

Upaya peningkatan pendidikan melalui project bermutu di kabupaten Gorontalo telah memberikan gambaran keberhasilan sebagaimana tujuan yang diharapkan. Hal tersebut tentunya tak lepasa dari suksesnya penyelenggaraan Training of trainers (TOT) di kabupaten Gorontalo.

Pelaksanaan TOT di kabupaten Gorontalo melibatkan para master training yang melatih trainer yang pesertanya para guru dengan materi manajemen berbasis sekolah (MBS) dan Pembinaan aktif, kreatif, efisien dan menyenangkan (PAKEM), dengan melibatkan peran serta masyarakat dalam dunia pendidikan secara transparansi atas pengelolaan dana pendidikan.

Bupati Gorontalo, Drs. H. David Bobihoe Akib, M.Sc, MM, dalam acara ramah tamah TOT yang dilangsungkan di rumah dinas Bupati Gorontalo (22/08) menjelaskan bahwa upaya pemerintah kabupaten Gorontalo senantiasa meningkatkan kompetisi dalam dunia pendidikan daerah.

Dijelaskan David, mengingat secara internasional pendidikan kita memiliki daya saing lemah, saat ini bukan waktunya untuk hanya mengandalkan potensi sumber daya alam, melainkan harus mengandalkan SDM. Maka atas dasar itulah pemerintah kabupaten Gorontalo mencanangkan Kabupaten Cerdas 2015.

Sebagai apresiasi peningaktan pembangunan khususnya pendidikan, dijelaskan David, pemerintah kabupaten Gorontalo telah menempuh berbagai upaya diantaranya dengan melibatkan seluruh kepala desa melalui kontrak kinerja yang memuat tentang tanggung jawab para kades dalam pengawasan pengembangan pendidikan, kesehatan dan kemiskinan. Maka demi terciptanya interkoneksitas sebagaiman yang diharapakan, maka pemerintah daerah memfalistasi pelaksanaanya dengan dukungan dana sebesar Rp. 160juta hingga 200juta perdesa.

Diakhir sambutannya, David mengharapkan dengan adanya TOT dikabupaten Gorontalo, ditahun-tahun mendatang pendidikan di kabupaten Gorontalo lebih mengalami peningkatan dan dapat setara dengan pendidikan di luar negeri.

Memeriahkan acara tersebut, juga ditampilkan music clarinet yang dimainkan para guru dibawah binaan David Bobihoe. Music kesenaian tradisional tersebut diantaranya melantunkan lagu; Baby Blue, Buayi dibawah pimpinan dirgen David Bobihoe.

Tidak ada komentar: