Selasa, 26 Agustus 2008

PEMPROV MULAI BELAJAR PROGRAM GOVERNMENT MOBILE


Program government mobile yang saat ini menjadi primadona pemerintah kabupaten gorontalo ditingkat pusat, bahkan daerah – daerah lain diindonesia dan dianggap sebagai sebuah terobosan yang sangat brilian sebagai bentuk perwujudan penerapan Good Governance, kembali dipaparkan Bupati David Bobihoe Akib dihadapan sejumlah pejabat pemprov dan pejabat kabupaten/kota dalam sebuah acara yang bertajub rapat sosialisasi dan koordinasi program prakarsa pembaharuan tata pemerintahan Daerah (P2TPD propinsi gorontalo, kemarin rabu 20 Agustus 2008 bertempat dihotel new Rahmad kota gorontalo.

David Bobihoe Akib dalam paparannya menjelaskan bahwa program Government Mobile yang dilakukan pemerintah kabupaten gorontalo merupakan sebuah program yang memang telah direncanakan sebelumnya dan merupakan keberlanjutan dari program yang telah dilakukan pemerintah kabupaten gorontalo ditahun – tahun sebelumnya, dimana ditahun 2006 pemerintah daerah melakukan program yang disebut Desa Binaan Satuan kerja, tahun 2007 melakukan desa mandiri pertanian dan ditahun 2008 ini melakukan Government Mobile yang merupakan kelanjutan dari program – program sebelumnya.

Government Mobile menurut David Bobihoe sudah merupakan komitmen seluruh SKPD bahkan legislatifpun turut terlibat didalamnya, dalam rangka pelayanan publik yang prima guna menciptakan masyarakat yang mandiri dan sejahtera. Melalui pelaksanaan Government Mobile kata David Bobihoe pemerintah daerah bukan saja menjemput bola, tapi merampas bola, dimana dalam pelaksanaan GM yang berlangsung 2 hari disetiap kecamatan seluruh SKPD turun hingga kedusus – dusun untuk memotret berbagai persoalan yang dihadapi, memecahkan masalah, mancarikan salusi, mendengarkan seluruh keluhan, kebutuhan bahkan mendengarkan koreksi dari masyarakat terhadap segala proses pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan sosial kemasyarakatan yang dilakukan pemerintah daerah.

Program Government mobile Tegas David Bobihoe juga merupakan evaluasi kinerja seluruh SKPD, berupa evaluasi terhadap bantuan yang telah disalurkan berdasarkan tupoksi masing – masing satker dimasyarakat. Government Mobile sama sekali tidak mengandung maksud untuk mencari popularitas, tapi itu dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian selaku orang yang telah dipercayakan untuk memimpin dikabupaten gorontalo, karena bagi David Bobihoe jabatan adalah merupakan sebuah kesempatan Untuk mengabdi, bukan untuk mencari popularitas.

Sementara itu Kepala Bappeda propinsi Gorontalo Prof. DR. Winarni Monoarfa dalam sambutannya menjelaskan bahwa sasaran utama yang dinginkan dari pemerintahan itu jangan hanya terpusat pada kegiatan politik semata, tapi yang paling inti yang menjadi harapan dan dambaan setiap orang adalah pengabdian yang tulus dan ikhlas kepada masyaranat untuk mewujutkan masyarakat yang sejahtera dan mandiri, dan apa yang telah dilakukan pemerintah kabupaten gorontalo melalui Government Mobile menunjukan komitmen dan tanggungjawab yang tinggi pemerintah daerah terhadap masyarakatnya, ini semua menurut Winarni Monoarfa merupakan suatu hal yang baik untuk ditiru oleh pemerintahan yang ada, sehingga tidak heran kabupaten Gorontalo saat ini banyak memperoleh kunjungan Stuban dari daerah – daerah diindonesi. Hilangkan gengsi kita untuk meniru sesuatu jika itu baik adanya untuk kemajuan daerah kita. Tandas winarni.

Tidak ada komentar: