Senin, 14 Juli 2008

Dari peringatan Hari Koperasi ke 61 di Limboto



David: Gerakan Koperasi Penggerak Ekonomi Rakyat


Dalam peringatan hari koperasi ke-61dikabupaten Gorontalo yang dipusatkan di lapangan olahraga Kayumerah Limboto (12/07) Bupati Gorontalo David bobihoe Akib mengharapkan agar gerakan koperasi mampu barometer pergerakan ekonomi rakyat. Hal ini diungkapkan untuk menggairahkan seluruh koperasi di Kabupaten Gorontalo dalam menjawab tantangan pasar global yang mempengaruhi ekonomi bangsa.

Disampaikan Bupati David, dari 242 koperasi yang terdapat diwilayah kabupaten Gorontalo, terhitung ada sejumlah 152 koperasi yang eksis dan efektif, dinilai mampu memenuhi kebutuhan masyarakat. Olehnya untuk mendukung upaya pergerakan koperasi dikabupaten Gorontalo, pemerintah selama ini terus melakukan terobosan-terbosan demi terbentuknya usaha-usaha masyarakat. Diantaranya pemerintah kabupaten Gorontalo menempuh kebijakan pengurusan surat izin gratis agar masyarakat secara resmi beroleh kesempatan untuk mendirikan usaha-usaha, baik usaha kecil dan menegah.

Dengan terbentuknya usaha-usaha ditingkat masyarakat, maka diharapkan peran koperasi dapat mendukung percepatan pembangunan ekonomi rakyat melalui penguatan modal secara benar sesuai ketentuan sistem penyelenggaraan koperasi dinegeri ini.

Disampaikan, selain bantuan modal untuk keberlangsungan kegiatan koperasi dilapangan, maka untuk meringankan beban koperasi dan masyarakat maka pemerintah kabupaten Gorontalo pun juga melakukan penguatan modal yang menyentuh langsung. Seperti ditahun 2008 melalui penyaluran dana sebesar 30 juta yang diperuntukkan bagi masyarakat-masyarakat pemilik usaha kecil melalui Bank Desa yang dikelola PT. Agro Potombulu.

Olehnya dihdapan seluruh pengurus koperasi se-kabupaten Gorontalo Bupati David mengharapkan agar koperasi mampu berkompetisi dalam upaya perwujudan kesejahateraan masyarakat.

Tidak ada komentar: